728x90

 

9 Makanan yang dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Otak mengendalikan semua fungsi tubuh. Otak adalah pusat dari keseluruhan tubuh. Otak yang baik dan sehat akan mendorong kesehatan tubuh juga menunjang kesehatan mental. Sebaliknya, andaikan otak terganggu, kesehatan tubuh dan mentalpun dapat ikut terganggu.

Seandainya jantung atau paru-paru berhenti bekerja hanya beberapa menit, Kita masih bisa bertahan hidup. Sebaliknya jika otak yang berhenti bekerja hanya satu detik saja, maka tubuh Kita mati. Oleh sebab itu otak adalah organ yang paling penting dari seluruh organ yang ada dalam tubuh manusia.

Otak kita merupakan organ yang paling rumit. Pembahasan mengenai anatomi dan fungsi otak secara detail dapat mengahabiskan waktu berhari-hari. Oleh karena itu disini kita akan mempelajari mengenai anatomi juga fungsi otak secara garis besarnya saja sehingga membuat paham akan bagian-bagian dan fungsi otak itu sendiri.

9 Makanan Super untuk Meningkatkan Kinerja Otak9 Makanan Super untuk Meningkatkan Kinerja Otak

sumber: http://www.aktivasiotak.com/fungsi_otak.htm
Otak dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
  1. Cerebrum atau Otak Besar
  2. Cerebellum atau Otak Kecil
  3. Brainstem atau Batang Otak
  4. Limbic System atau Sistem Limbik
Berikut ini 9 Makanan berguna Meningkatkan Daya Otak Anda :

Sayur Bayam

Bayam kaya akan potasium nya, membantu untuk menjaga konduktivitas listrik dari otak. Juga membantu  berfikir menjadi jernih dan merespon dengan cepat karena Konduktivitas tersebut membantu untuk menghasilkan sinyal kilat cepat diantara neuron.

Acorn Squash

Acorn squash yang mempunyai asam folat membuat otak menjaga berpikir tajam, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua, dalam penelitian asam folat meningkatkan memori dan kecepatan di mana otak memproses informasi. Dalam jurnal The Lancet 2007 terdapat studi yang menemukan bahwa suplemen asam folat yang diberikan kepada ratusan pria dan wanita usia mulai dari 50 hingga 70 selama tiga tahun terbukti dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif yang biasanya menurun dengan usia.

Brokoli

Brokoli memiliki senyawa yanag dapat melindungi otak setelah cedera. karena dalam Sayuran ini terkandung zat kimia yang disebut sulforaphane, yang melindungi otak dari kerusakan lebih lanjut dengan memperkuat penghalang antara darah dan otak yang memungkinkan beberapa material tubuh untuk melintas ke otak. Sebuah studi 2009 di Neuroscience Letters mengindikasi bahwa sulforaphane yang diberikan kepada tikus setelah mengalami cedera otak terbukti meningkatkan kinerja mereka  kembali dalam tes labirin.

Wheat Germ

Wheat germ diisi dengan vitamin B kompleks juga berguna mengurangi kadar homosistein dalam aliran darah. Homosistein adalah asam amino yang sering ditemukan dalam darah, juga dalam  jumlah besar telah dihubungkan dengan jantung serta pembuluh darah. Penelitian di jurnal Stroke 2002 menemukan bahwa kadar cukup tinggi homosistein dikaitkan dengan stroke, penyakit Alzheimer, dan demensia vaskular.

Air Putih

Air membentuk 85 persen dari berat otak. Jika terhidrasi dapat memiliki dampak langsung pada volume otak, Studi 2005 di jurnal Neurology menemukan. Para peneliti menemukan bahwa tidak minum air putih selama 16 jam apat mengakibatkan penurunan 0,55 persen volume otak. namun setelah rehidrasi, total volume otak meningkat 0,72 persen. Jadi dianjurkan bagi kita untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Kacang Brazil
 

kacang Brazil bisa membantu fungsi otak yang lebih baik karean terdapat magnesium. Science Daily melaporkan Studi pada 2010 dalam jurnal Neuron bahwa menambah magnesium dapat meningkatkan otak pembelajaran dan memori pada tikus, peneliti terkemuka menyarankan bahwa mengambil lebih magnesium bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan fungsi kognitif. Kacang Brazil adalah sumber magnesium dan juga mengandung lemak monosaturated yang sehat.

Alpukat

Alpukat yang sehat adalah yang
lezat dan penuh lemak tak jenuh tunggal. The American Heart Association mengatakan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal membantu dalam mengurangi jumlah LDL kolesterol "buruk" dalam darah. Ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, mengurangi risiko stroke.

Bluberi

Makan bluberi juga bisa meningkatkan memori, belajar, dan fungsi kognitif umum, berkat senyawa yang dikandungnya disebut flavonoid. Menurut Psychology Today, flavonoid bisa melindungi otak dari radikal bebas, yang dapat membahayakan jaringan sehat dan berkaitan dengan penurunan memori.

Ikan Ikan an

Ikan yang kaya akan omega-3 asam lemak adalah ikan herring, sarden, dan salmon liar, mungkin penting untuk memori, kinerja kognitif, dan fungsi perilaku, University of Maryland Medical Center mengemukakan bahwa Karena tubuh tidak dapat memproduksi omega-3 makanan tersebut harus dikonsumsi karena mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak ini adalah yang terbaik.


sumber: takepart.com/photos/9-super-foods-boost-brain-power

Post a Comment

 
Top