728x90

 

APA ITU KIMIA LINGKUNGAN




PENGERTIAN KIMIA LINGKUNGAN 

Kimia lingkungan adalah studi ilmiah terhadap fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di tempat tempat alami. 

RUANG LINGKUP KIMIA LINGKUNGAN 

Ruang  lingkup kimia lingkungan mencakup seluruh gejala kimia yang terjadi di lingkungan kita, baik yang ditimbulkan oleh proses alamiah atau hasil aktivitas manusia yang berlebihan. Jadi dalam kimia lingkungan pertama-tama dipelajari bagaimana cara kerja lingkungan yang tak terkontaminasi, zat kimia apa dan berapa konsentrasi yang ada secara alami, dan apa efeknya. Tanpa hal ini, mustahil untuk mempelajari secara akurat efek manusia terhadap lingkungan dengan pelepasan zat kimia. 

PENCEMARAN LINGKUNGAN 

Pencemaran lingkungan dapat didefinisikan sebagai perubahan lingkungan yang tidak menguntungkan, sebagian karena tindakan manusia, disebabkan perubahan pola penggunaan energi dan materi, tingkatan radiasi, bahan-bahan kimia dan fisika, dan jumlah organisme. Perbuatan ini dapat mempengaruhi langsung manusia, atau tidak langsung melalui air, hasil pertanian, peternakan, benda-benda, perilaku, dalam apresiasi, dan rekreasi di alam bebas (A. Tresna Sastrawijaya, 2000). 

PERANAN KIMIA LINGKUNGAN  

1. Mempelajari sifat dan fungsi bahan kimia dalam lingkungan hidup 
2. Mempelajari dan menelaah bahan kimia terhadap suatu komponen lain dan terhadap Lingkungan Hidup secara menyeluruh, terutama jika bahan kimia itu tersebar dan berkontaminasi dengan lingkungan, sehingga keseimbangan terganggu. 
3. Menentukan jumlah batas penyebaran bahan kimia dalam lingkungan agar tidak memberikan gangguan terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan manusia. 
4. Merekomendasikan hasil penelitian dan percobaan kepada pengelola Lingkungan Hidup atau kepada masyarakat pada umumnya. 

APLIKASI KIMIA LINGKUNGAN 

• Heavy metal kontaminasi tanah oleh industri. Ini kemudian dapat diangkut ke badan air dan dapat diambil oleh organisme hidup. 
• Pencucian nutrisi dari pertanian lahan ke dalam air kursus, yang dapat menyebabkan ganggang mekar dan eutrofikasi.
• Perkotaan limpasan mencuci polutan dari permukaan kedap air (jalan, tempat parkir, dan atap) selama hujan badai. Khas polutan termasuk bensin, oli motor dan hidrokarbon senyawa, logam, nutrisi dan sedimen (tanah). 

sumber :www.slideshare.net/welly406/apa-itu-kimia-lingkungan

Post a Comment

 
Top