728x90

 

7 Manfaat Singkong yang perlu Anda Ketahui

Mengenali manfaat singkong bagi kesehatan. Singkong merupakan tanaman dari jenis umbi-umbian dan singkong juga punya beberapa nama lain yaitu ketela pohon atau umbi kayu. Singkong terkenal dijadikan sebagai makanan pokok sumber karbohidrat selain dari beras. Daun singkong nya pun memiki manfaat seperti sayuran atau lalapan. Selain sebagai sumber karbohidrat, singkong pun memilki kandungan serat yang tinggi.

Di zaman Hindia Belanda sekitar tahun 1810, singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia, sesudah sebelumnya diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil. Sesudah itu, munculah berbagai macam olahan makanan berbahan dasar singkong seperti keripik, tape dan roti. Disamping itu, singkong memilki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

7 Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

1. SumberSerat
Singkong bisa menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar dan membantu mengendalikan diabetes. Umbi –umbian ini juga bisa menurunkan kadar trigliserida dan dapat menjadi sumber serat yang baik. Manfaat singkong tersebut didapatkan dengan cara mengkukus atau merebus singkong.

2. Sumber Karbohidrat
Singkong menjadi salah satu makanan pokok alternatif sebagai sumber karbohidrat dikarenakan singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

3. Protein Tinggi
Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.

4. Vitamin K
Singkong memiliki vitamin K yang berfungsi sebagai pembangun masa tulang. Selain itu Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Vitamin B kompleks
Tanaman umbi- umbian ini juga adalah sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

6. Mineral penting
Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilansir Affleap  manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Melancarkan pencernaan
Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Itulah manfaat singkong yang perlu anda ketahui. Mulailah memanfaatkan singkong dari sekarang baik itu sebagai makanan pokok ataupun sebagai obat.

sumber: http://www.7manfaat.com/manfaat-singkong-bagi-kesehatan.html

Post a Comment

  1. wahhh ternyata makanan super rakyat ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh yah mas jujur nih saya baru tau kalo tau gini saya gak akan gengsi makan singkong mas hehe

    ReplyDelete
  2. iya sama saya juga ketika mengepost nya sambil dibaca baru tau jg kaya akan manfaatnya :)

    ReplyDelete

 
Top