728x90

 

6 Manfaat Ketimun Yang Perlu Anda Ketahui !

Walaupun memiliki harga yang terjangkau, namun buah mentimun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Buah ini biasanya disajikan dalam sebuah makanan sebagai buah pencuci mulut.

Tak jarang pula yang tidak memakan mentimun. Padahal cukup banyak khasiat bila kita memakan ketimun.

Berikut beberapa manfaat ketimun bagi tubuh seperti yang kami lansir dari www.dw.com

1. Kesehatan Jantung

Di dalam satu cangkir mentimun mengandung sekiranya 152mg potassium, nah zat potassium ini lah yang berfungsi untuk mengurangi tekanan darah. Hasil studi menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potassium bisa mengurangi resiko terkena stroke. Nah salah satunya buah ini.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Selain potassium, kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh di dalam ketimun adalah tanin. Tanin ini dipercaya dapat membatasi pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit.

3. Melindungi Otak

Timun juga memiliki fisetin substansi anti inflamasi. Fisetin ialah zat yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Karena dirasa memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala penyakit degenarasi sistem saraf yang berhubungan dengan usia dan bisa membantu fungsi kognitif pasien Alzheimer.

4. Mengurangi Bau Mulut

Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri yang ada dalam mulut. Karena mentimun merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air yang tinggi, bisa menambah produksi air liur yang bisa membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Pada timun juga mengandung polifenol yang bisa mengurangi resiko terhadap penyakit kanker tertentu. Timun juga mengandung unsur aktif tanaman kukurbitasin yang memiliki sifat anti kanker.

6. Melindungi Tulang

Vitamin yang dibutuhkan untuk tulang adalah vitamin K. Dan timun merupakan sumber vitamin K. Dalam satu cangkir ketimun mengandung mengandung 22 persen vitamin K porsi harian yang direkomendasikan. Vitamin ini penting bagi kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K bisa meningkatkan resiko patah tulang.

Post a Comment

 
Top