728x90

 

7 Perilaku yang dapat menyebabkan otak cepat rusak, musti dihindari!

Otak bisa dianggap organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Di karenakan merupakan pengendali segala aktivitas, kesehatan otak harus selalu dijaga. Tidak hanya pola makan, gerakan fisik dan juga kesehatan mental sangat berpengaruh dengan aktivitas otak. Disarankan Jangan sampai anda mempunyai kebiasaan yang dapat menurunkan performa otak.

Berikut adalah tujuh kebiasaan yang tanpa kamu sadari dapat membuat otak anda rusak perlahan-lahan, sebagaimana dikutip brilio.net dari India Times, Rabu (22/7):

1. Sering sakit

Di saat konsdisi badan sedang sakit, otak bekerja lebih keras dibandingkan dengan biasanya. Contohnya jika badan anda  sedang terkena infeksi. Otak mengirimkan sinyal ke bagian getah bening untuk melawan infeksi tersebut. Aktivitas otak yang tinggi saat tubuh sedang sakit bisa menyebabkan kerusakan pada bagian sel abu-abu di otak.

2. Tidak pernah sarapan

Tubuh anda mungkin saja sudah terbiasa untuk tidak sarapan. Akan tetapi hal ini sangat tidak baik bagi otak. Otak anda akan mengalami kekurangan nutrisi setiap harinya. Selain itu, kebiasaan ini juga mengurangi tingkat gula darah untuk asupan otak. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bisa membuat aktivitas otak semakin lamban.

3. Makan berlebihan

Meskipun kamu sarapan, jangan sampai makan berlebihan. Hal ini ternyata juga tidak bagus. Makan berlebihan membuat otak tidak seimbang karena produksi insulin. Selain itu, makan berlebihan bisa menyebabkan pengerasan pada arteri yang mengakibatkan penurunan fungsi mental dalam jangka panjang.

4. Dehidrasi

Hampir seluruh bagian otak tersusun dari air. Jadi, jangan sampai tubuh kamu kekurangan air. Hal ini bisa menyebabkan penyusutan pada sel otak. Dehidrasi tidak hanya diakibatkan oleh aktivitas outdoor saja. Terlalu lama duduk di bawah AC (Air Conditioner) juga bisa membuat tubuh kamu dehidrasi.

5. Terlalu banyak gula

Nikmat di dunia yang paling menggiurkan adalah rasa manis. Akan tetapi manisnya gula bisa memberikan efek buruk terhadap otak. Sebuah riset menyebutkan bahwa kandungan gula yang tinggi bisa mengurangi kemampuan mengingat dan belajar.

6. Kurang tidur

Chatting dan aktivitas online di media sosial bisa menyebabkan kamu kurang tidur. Kebiasaan ini bisa menurunkan kemampuan otak. Bahkan kekurangan tidur bisa membuat kamu mudah lupa. Selain itu, kebiasaan ini membuat otak semakin lambat dalam memproses informasi.

7. Merokok

Penelitian dari McGill University menyebutkan bahwa merokok bisa menyebabkan penipisan korteks pada otak. Hal ini bisa mengakibatkan kemampuan bahasa dan juga memori rusak dalam jangka panjang. Jadi, apakah kamu mau berhenti merokok sekarang juga?

Kesehatanmu lho!

sumber : brilio.net

Post a Comment

 
Top